Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

DATA SATELIT PROVINSI JATENG

banner1
PHSL IRRI
banner2
Banner5
Banner4
katam
Banner3

Kalender Kegiatan

<<  Oct 2014  >>
 Mon  Tue  Wed  Thu  Fri  Sat  Sun 
    1  2  3  4  5
  6  7  8  9101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini546
mod_vvisit_counterMinggu Ini1275
mod_vvisit_counterBulan Ini44481
mod_vvisit_counterSemua125697


Laboratorium Klepu Layak Sebagai Percontohan KRPL PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Jumat, 20 Desember 2013 14:22

Perawatan tanaman selalau dilakukanPedagang datang untuk mengambil hasil panenKemandirian pangan yang dicirikan dengan tersedianya pangan yang bergizi dan aman untuk kesehatan dalam jumlah yang cukup sepanjang waktu merupakan tuntutan kebutuhan hidup sehingga pemerintah dan masyarakat harus terus bekerjasama dalam mewujudkan dan kemudian mempertahankannya. Oleh karenanya pemerintah mencanangkan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Manfaat KRPL ini di dalam rumah tangga semakin dirasakan dengan pentingnya memasyarakatkan pola hidup sehat dengan bertani di lahan pekarangan rumah sendiri dan memakan sayuran organik hasil dari kegiatan bertani tersebut. Upaya menciptakan KRPL terus berkembang, tidak lagi khusus untuk kelompok tani tetapi sudah menyebar di kalangan Ibu-ibu rumah tangga, baik yang tinggal di pedesaan maupun yang tinggal di perkotaan.

Sebagai salah satu instansi pendamping dalam pencapaian suksesnya program tersebut , Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah melakukan inisiasi teknologi di lokasi-lokasi kegiatan yang berjumlah 35 kabupaten/kota dan diberi nama Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL). Selain itu BPTP Jateng juga melaksanakan M-KRPL di lingkungan kantor sendiri, diantaranya di Laboratorium (Lab) Klepu. Diantara beberapa model penataan tanaman yang dilakukan di Lab. Klepu yang menarik untuk disosialisasikan adalah budidaya tanaman sayur di bedengan- bedengan dengan jenis tanaman : bayam, kangkung, caisin dan sawi sendok. Budidaya tanaman sayur ini murni menggunakan pupuk organic dan tidak pernah dilakukan penyemprotan hama maupun penyakit karena tanaman tumbuh subur dan sehat. Informasi dari para konumen utama sayur organik yang tidak lain adalah para pegawai BPTP Jateng, 100% menyatakan kalau olahan sayur organik jauh lebih enak meskipun dalam memasaknya tanpa tambahan bumbu penyedap. Selain itu sayuran organik yang dikemas dalam kantong plastik dan disimpan di kulkas awet kesegarannya hingga 1 minggu lebih. Keuntungan lain bagi konsumen sayur organik adalah manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh bernilai sangat tinggi, sehingga mengkonsumsi sayur organik ini patut selalu dibiasakan. Penjualan hasil panen sayur Laboratorium Klepu tidak hanya di lingkungan pegawai pegawai BPTP jateng, namun juga didatangi pedagang sayur keliling yang membeli dengan system borongan/ditebas.

Dari sudut ekonomi , kegiatan penanaman sayur pada M-KRPL di Lab Klepu ini nilainya cukup lumayan dan layak ditiru untuk diaplikasikan di pekarangan rumah tangga. Pengelolaan tanaman sayur di M-KRPL Laboratorium Klepu dengan bedengan sebanyak 10 petak dan masing-masing berukuran (1x5 ) m atau total luasan 50 m2, bisa memberikan pemasukan setelah dikurangi biaya benih, sebesar Rp.160.000/panen. Tenaga yang dibutuhkan cukup menyisihkan waktu 2 jam/hari dan dikerjakan untuk mengolah lahan selama 1 mg dan pengaturan penanaman benih selama 1 minggu berikutnya, selanjutnya tanaman sayur dapat dipanen setelah berumur 25 - 30 hari. Model KRPL Laboratorium Klepu ini dalam satu tahun bisa dilakukan penanaman sayur sebanyak 7 kali sehingga diperoleh pemasukan sebanyak Rp. 1.120.000,- Hasil finansial memang tidak banyak, tetapi nilainya tak terhitungkan bagi kesehatan keluarga dan konsumen sayur organic yang kita hasilkan. (UN)

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com